Senin, 04 Februari 2013

Etika Kerja



Etika kerja menurut wikipedia adalah sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan, termasuk pimpinannya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari. Perusahaan dengan etika kerja yang baik akan memiliki dan mengamalkan nilai-nilai, yakni : kejujuran, keterbukaan, loyalitas kepada perusahaan, konsisten pada keputusan, dedikasi kepada stakeholder, kerja sama yang baik, disiplin, dan bertanggung jawab.

Suasana kerja di kantor bisa jadi menyenangkan bila semua karyawannya mengerti tentang etika yang sebaiknya diterapkan dalam kantor tersebut. Meski tak punya ruangan sendiri atau masih berbagi meja dengan karyawan lain, namun boleh dibilang bahwa kita semua mempunyai 'ruang pribadi'. Kita berharap agar apa yang orang lain lakukan tidak sampai mengganggu kita. Demikian pula sebaliknya, kita perlu menjaga diri agar apa yang kita lakukan juga tidak mengganggu 'ruang' orang lain.
Berikut ada beberapa pedoman etika kantor yang perlu diperhatikan agar suasana kantor dapat berjalan dengan nyaman. Mari kita simak bersama
 

Brrriiing...brriiing...
Merupakan hal yang menjengkelkan bila handphone terus berdering selama jam kerja. Yang lebih menjengkelkan adalah bila saat itu si pemilik tidak sedang di tempat, dan nada dering itu terus berbunyi nyaring hingga mengganggu konsentrasi kerja karyawan lain.
Jadi, sebaiknya Anda mematikan bunyi handphone selama jam kerja, dan bila Anda terpaksa menerima telepon darurat selama jam kantor, maka ada baiknya jika Anda menerimanya di luar ruang kerja, agar karyawan lain tidak terganggu. [break]
 

Beri contoh bagaimana Anda ingin diperlakukan
'Standar terganggu' antara orang yang satu dengan yang lain memang berbeda. Ada hal-hal yang mungkin bisa mengganggu Anda, namun tidak dengan orang lain, begitu juga sebaliknya. Misalnya, bunyi radio. Jika Anda adalah orang yang senang mendengarkan radio selama bekerja, maka sebaiknya Anda mendengarkannya dengan memakai headset, agar karyawan lain yang tidak terganggu.
 

Perhatikan volume suara Anda
Kebanyakan dari kita selalu berbicara dengan suara yang lebih keras dari yang diperlukan saat menerima telepon, jadi pastikan Anda memperhatikan hal ini. Saat Anda berbicara dengan handphone, maka pergilah ke luar ruangan, namun jika harus menjawab telepon yang berada di atas meja kerja, maka ingatlah untuk mengecilkan volume suara jika suara Anda sudah mulai mengeras.
 

Gantian dong!
Fasilitas kantor adalah fasilitas yang disediakan bagi semua karyawan yang berkepentingan, jadi gunakan dengan bijak. Misalnya jika Anda ingin menggunakan printer, maka pastikan bahwa Anda memanfaatkannya dengan bijak. Jangan habiskan semua tinta yang ada dalam sehari untuk file-file Anda saja, sementara yang lain juga sedang antri dan sama-sama membutuhkan. Hal yang sama juga berlaku bagi fasilitas kantor lainnya yang biasanya dipakai bersama-sama. [break]
 

Bau apa ini?!
Kurangi pemakaian parfum atau pewangi tubuh dengan aroma keras, segala aroma yang mungkin bisa mengganggu 'kenyamanan' rekan lain. Demikian juga bau makanan yang bisa mengganggu, seperti aroma sup, ikan, durian, dan lain-lain. Jika Anda terpaksa membawa makanan-makanan itu, maka letakkan di tempat lain (luar ruangan kantor) yang aman atau bukalah jendela bila Anda harus membawanya bersama dengan Anda.
 

Jagalah kebersihan
Entah dalam ruang kantor, dapur, atau di kamar mandi, Anda harus menjaga kebersihan. Jika kantor tidak memiliki pembantu, maka Anda harus membersihkan sendiri barang-barang yang telah Anda pakai, misalnya seperti gelas, piring dan sebagainya.
 

Jika sakit, absen saja
Anda mungkin merasa bahwa Anda mampu bekerja meskipun Anda sedang terserang flu berat, namun tidakkah Anda memikirkan reaksi orang lain saat mereka mendapati Anda terus bersin di dekat mereka?! Tak ada seorang pun yang mau Anda menularkan virus penyakit, jadi absen saja jika Anda sakit. [break]
 

Minta izin sebelum meminjam
Supaya rekan kerja tidak kebingungan mencari barang-barangnya yang Anda pinjam, maka lebih baik Anda minta izin lebih dulu, atau tinggalkan catatan bila ia sedang tidak di tempat, agar ia tahu bahwa salah satu barangnya sedang Anda pakai.
 

Tepat waktu
Datanglah tepat waktu saat pergi bekerja, kecuali bila Anda mengalami halangan yang tidak mungkin dihindari, seperti mobil mogok, sakit perut, atau lainnya. Alasan macet bukanlah alasan yang bisa diterima karena sebenarnya Anda telah dianggap bisa memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk tiba di kantor.
Ketepatan waktu juga diperlukan saat Anda menghadiri rapat. Tunjukkan penghargaan pada rekan dan atasan dengan datang tepat waktu. Jangan sampai kedatangan Anda dalam ruang rapat membuat si pembicara harus mengulangi presentasinya.
Semua etika di atas adalah etika standar yang harus ada dalam sebuah kantor. Jika Anda ingin bekerja dalam suasana yang nyaman, maka taatilah pedoman di atas.
Bila ada rekan yang melanggarnya, maka jangan segan untuk memberitahunya dengan cara yang baik. Bila ia tetap tidak mempedulikan masukan dari Anda, maka Anda bisa lapor pada atasan bila ia sudah melewati batas-batas yang wajar.